Buku adalah benda yang biasa digunakan masyarakat dalam mendapatkan hal-hal baru yang penting seperti materi pembelajaran pendidikan, berita dan perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu agar dapat menjadi buku yang menarik perhatian banyak orang agar mereka tertarik untuk membacanya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan buku, yaitu (dalam microsoft word 2007) :
1. COVER
cover adalah suatu sampul dari buku yang menjadi tampilan utama yang akan diperhatikan oleh pembeli, jadi cover harus dibuat semenarik mungkin.
cara pembuatan cover : klik insert lalu klik cover page dan pilih cover yang dipiilih
2. HEADER dan FOOTER
header berfungsi sebagai cetakan informasi diatas dan footer sebagai cetakan informasi diatas, ini akan memudahkan pembaca untuk membedakan halaman saat membaca buku
cara pembuatan header: klik insert lalu header untuk header dan pilih footer untuk footer
3. BULLETS dan NUMBERING
bullets berfungsi untuk pemberian tanda bagian-bagian dalam tulisan. numberig berfungsi untuk pemberian nomor dalam tulisan
cara pembuatan bullets : klik home lalu bullets untuk bullets dan numbering untuk penomoran
4. EQUATION
equation berfungsi untuk pemberian suatu rumus sebab dalam pembuatan buku kadang didalamnya terdapat beberapa materi yang menggunakan rumus seperti buku matematika
cara pembuatan equation : klik insert lalu klik equation lalu pilih rumus yang cocok sesuai materi anda dan edit.
5. COLUMS
colums berfungsi untuk membagi dua suatu paragraf biasanya colums digunaka dalam lembar koran untuk menghemat tempat.
cara pembuatan colums : klik page layout, lalu block semua paragraf yang ingin dibagi lalu, klik colums
6. DROP CAP
drop cap berfungsi untuk karakter pertama pada awal paragraf tampil lebih besar dibandingkan huruf lain sehingga menjadi menarik minat pembaca untuk membacanya.
cara pembuatan drop cap : klik insert, lalu block huruf pertama yang ingin di perbesar, lalu klik drop cap
7. TABEL
tabel berfungsi untuk mempermudah pembaca dalam memahami suatu data.
cara pembuatan tabel : klik insert, lalu tabel, lalu klik insert tabel untuk mengatur berapa banyak tabel yang dibutuhkan
8. FOOTNOTE
foot note berfungsi untuk memberi catatan kecil dibawah kertas yang biasanya berisi tentang penjelasan kata-kata yang rancu dalam paragraf
cara pembuatan foot note : klik reference lalu klik footnote
9. PICTURE
picture berfungsi untuk pemberian gambar dalam tulisan untuk pengenalan informasi data tersebut
cara pembuatan picture : klik insert lalu klik picture
0 komentar:
Posting Komentar